FILOSOFI KOPI

KOPI #part2

@admin @afhammaulana

lanjutan part1 ya, sampai mana iya ??? hehehe :).

bismillah, suatu ketika ada seorang murid mengaji tasawuf, dan disuguhi secangkir kopi oleh sang mursyid. memang sejarah tradisi ngopi itu berawal dari para sufi yang melek semalam suntuk untuk mendekatakan diri kepada gusti ALLAH SWT. ” tahu dari mana itu kopi ?? tanya sang guru tasawuf pada suatu malam. ia berseru ” siapa tahu aspal??? toh sama hitamnya dan sama pekatnya… minumlah!!!!” segera si murid sesap sacangkir kopi itu, dirasakanya dengan tamat (habis) lalu dia menjawab ,”ini benerkopi, kyai. yakin seyakin-yakinya.”

sang guru berwasiat, iman dibangun setidaknya dengan empat keyakinan :

  1. Ilmal yaqin
  2. Ainul yaqin
  3. Haqqul yaqin
  4. Ikmal yaqin

Ilmal yaqin adalah yakin berdasar pengetahuan. tahu secangkir kopi di racik dari air mendidih, kopi, dan gula dalam takaran tertentu, namun cita rasa tak cuku hanya dari resep diatas kertas.

Ainul Yaqin adalah yakin berdasarkan kesaksian, melihat “kasunyatan” katanya :). melihat sendiri, “Oh…. ini yang disebut air mendidih. oh…. ini bubuk kopi. oh… ini butiran gula. ” nyata… bukan lagi teori, bukan ilusi. tapi, melihat saja pun tak cukup.

Haqqul Yaqin adalah yakin karena mengalami sendiri. sepeti memasak air, meracik kopi. terlibat dalam prosesnya. pucak keyajinan adalah Ikmal yaqin.

Ikmal Yaqin adalah merasakan sendiri, menyesap kopi sendiri dan merasakan sensasinya.

Demikin…… salam kusuma coffee, semoga bermanfaat. kalau ada yang tanya silahkan bisa di kolom komentar iya.

NB: permintaan mbk nur khasanah 🙂

4 thoughts on “FILOSOFI KOPI

    1. kopi susunya apa kak ??? kopi murni apa
      ada temenya ngopi apa tidak kak ?? 🙂

      kalau ngantuk itu bisa efek dari pengaruh kopinya kurang dan kalau bisa ada temen untuk ngopi kak, cara meneyeduhnya salah juga bisa kak
      kalau pakai kopi dari saya insyallah gak ngantuk kak,

      1. Request cara buat kopi yang bener dari kopi sachet yang biasa kita beli di warung mas, biar rasanya maksimal. Kmren aku di kasih tau temen kalau habis di tuang air panas jangan langsung di aduk, katanya biar kopinya mateng dulu. Lah aku pikir kan kopi dari pabrik ya pasti udah mateng. Dari keempat tingkat keyakinan itu aku masih ragu dengan kata temenku itu.

        1. kalau menurut saya selama pengalaman kopi sachet itu belum bisa maksimal karena rasa kopi dari pabrik itu cenderung rasanya itu di samakan, kalau masalah mateng dan tidaknya kopi itu pendapat pribadi dan teknik seduhnya mas, kalau dari kopi pabrik itu pasti udh mateng mas, pernah denger ada kompling kopi sachet A kog gak mateng iya ???? pernah deneger kak. kalau kopi sachet tingkat keyakinan itu pengaruh akan tetapi kopi sachet tidak 100 asli mas. jadi yakin tidaknya tidak terlalu pengaruh. yang pengaruh kalau kopi itu 100%. kalau kopi asli perlu kayakinan dan jiwa olah rasa mas .

          kalau mau minta cara buat kopi yang bener itu belajar langsung offline mas, gak bisa online mas. saran saja mas. kalau mau belajar sama aku oke2 aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *